Dukungan Warga Turun, Obama Diramal Bakal Kalah

Dukungan Warga Turun, Obama Diramal Bakal Kalah
Dukungan Warga Turun, Obama Diramal Bakal Kalah
NEW YORK - Obama sengaja menjadikan agenda penarikan pasukan AS dari Afghanistan sebagai fondasi menuju pemilu presiden (pilpres) 2012. Kebijakan populis itu diharapkan bisa menjadi penebusan dosa atas kondisi perekonomian AS yang karut-marut. Begitu pula  politik luar negeri yang dia terapkan juga tidak sempurna.

Tapi, memenangkan kembali kepercayaan rakyat AS tak semudah membalikkan telapak tangan. "Sepertinya beliau (Obama) akan kalah dalam pemilu 2012," ramal Karl Rove pada Wall Street Journal Rabu lalu (22/6).

Politikus senior Partai Republik yang menjabat sebagai penasihat Presiden George W. Bush periode 2000-2007 itu yakin, presiden pertama AS yang berdarah Afrika tersebut tidak akan kembali terpilih. Alasannya, Obama menghadapi empat masalah yang serius. Yakni, perekonomian, pemilih, kebijakan tak popular, dan strategi esensial yang buruk.

Di bidang perekonomian, Obama tak hanya dihadapkan pada melambatnya ekonomi AS. Yang lebih signifikan adalah pengangguran. Saat ini, angka pengangguran di AS mencapai 9,1 persen. Artinya, sekitar 14 juta warga AS lontang-lantung. "Hampir separo di antara mereka bahkan sudah menganggur selama lebih dari enam bulan," ujar Rove.

NEW YORK - Obama sengaja menjadikan agenda penarikan pasukan AS dari Afghanistan sebagai fondasi menuju pemilu presiden (pilpres) 2012. Kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News