Dunia Hari Ini: Lebih Seribu Orang Tewas Akibat Gempa di Turkiye dan Suriah

Dunia Hari Ini: Lebih Seribu Orang Tewas Akibat Gempa di Turkiye dan Suriah
Seorang anak perempuan sedang menunggu tindakan perawatan di sebuah rumah sakit setelah gempa mengguncang kota Azaz di Suriah. (AFP: Nayef Al-Aboud)

Selamat hari Senin! Mari kita awali pekan ini dengan sejumlah informasi pilihan dari berbagai tempat di dunia yang telah kami rangkum dalam Dunia Hari Ini, edisi 6 Februari 2023.

Berita gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang sebelah tenggara Türkiye dan kawasan Suriah menjadi laporan utama kami.

Gempa besar di Türkiye dan Suriah

Hingga Senin malam, korban tewas akibat gempa di Türkiye dan Suriah telah mencapai setidaknya 1.300 orang.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan lebih dari 5.800 warga Türkiye mengalami luka-luka, sementara di Suriah telah mencapai lebih seribu orang.

Diketahui gempa tersebut menjadi getaran paling kuat yang tercata di Türkiye sejak gempa dengan kekuatan yang sama di tahun 1939.

Regu penyelamat The White Helmets mengatakan lebih dari 120 orang tewas di setidaknya 230 orang terluka di provinsi Idlib dan Aleppo, Suriah, sementara ratusan keluarga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

Uni Eropa telah mengerahkan tim bantuan, termasuk dari Belanda, Rumania, Polandia, Ukraina, Rusia, Taiwan, India untuk upaya pencarian dan penyelamatan korban.

Kebakaran hutan tewaskan 24 orang

Sebanyak 260 titik api kebakaran hutan, 28 di antaranya sangat berbahaya, berkobar di Chile, karena gelombang panas musim panas.

Korban tewas akibat gempa di Türkiye dan Suriah telah melebihi angka 1000 jiwa dan kemungkinan besar akan terus bertambah

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News