Efisiensi Energi, Langkah Tepat Menekan Biaya dan Emisi di Industri

Efisiensi Energi, Langkah Tepat Menekan Biaya dan Emisi di Industri
Penggunaan energi di pabrik. Foto: Dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Sektor bisnis di berbagai belahan dunia menghadapi tekanan besar yang tidak pernah dialami sebelumnya akibat peningkatan biaya energi dan urgensi perubahan iklim.

Sebuah laporan terbaru dari The Energy Efficiency Movement menunjukkan peningkatan efisiensi energi pada sektor industri merupakan cara tercepat dan paling efektif memangkas biaya energi dan emisi gas rumah kaca.

The Energy Efficiency Movement adalah forum global yang terdiri dari kurang lebih 200 organisasi yang berbagi ide, praktik terbaik, dan komitmen untuk menciptakan dunia yang lebih hemat energi.

Diterbitkan pada hari ini, the “Industrial Energy Efficiency Playbook” mencakup 10 aksi nyata yang dapat dilakukan sektor bisnis dalam meningkatkan efisiensi energi, mengurangi beban biaya, dan menurunkan emisi.

Hal itu dilakukan dengan mengandalkan solusi teknologi yang terintegrasi dan tersedia secara luas yang menjanjikan imbal hasil serta rasio pengembalian investasi (ROI) yang cepat dan mampu digunakan dalam skala besar.

“Efisiensi energi adalah solusi terbaik bagi perusahaan dan upaya pengendalian perubahan iklim,” ujar Senior Program Manager, Energy Efficiency dari International Energy Agency (IEA) Kevin Lane dalam keterangan resmi, Selasa.

"10 aksi konkret dalam laporan tersebut memetakan solusi hemat biaya yang dapat digunakan dalam skala cepat untuk membantu perusahaan mewujudkan ambisi pengendalian dampak perubahan iklim menjadi sebuah tindakan konkret” ungkapnya.

Menurut IEA, sektor industri merupakan konsumen listrik, gas alam, dan batu bara terbesar di dunia, yang bertanggungjawab terhadap 42 persen total permintaan listrik global, atau setara dengan lebih dari 34 exajoules energi.

Sebuah laporan The Energy Efficiency Movement menunjukkan peningkatan efisiensi energi pada sektor industri merupakan cara tercepat dan paling efek rumah kaca

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News