Eko Putro Sebut DMPA Sejalan dengan Program Kemendes

Eko Putro Sebut DMPA Sejalan dengan Program Kemendes
Kemendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengapresiasi program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com, TANJUNG JABUNG BARAT - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo mengapresiasi program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang diinisiasi Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Eko mengataan, DMPA tersebut dinilai sejalan dengan program kementeriannya, yakni menerapkan model bisnis Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

"Purkades ini sejalan dengan program DMPA yang diinisiasi Sinar Mas, yang prinsipnya sama membuat klaster ekonomi dari hulu sampai hilir sehingga produk yang dihasilkan masyarakat desa bisa meningkatkan prekonomian masyarakat," kata Menteri Eko usai membuka seminar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) bertajuk 'Kemitraan Strategis untuk Pengembangan Ekonomi Kerakyatan dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan’.

Eko terang-terangan mengapresiasi APP yang turut berkontribusi dan bersinergi dengan program pemerintah yang termaktub dalam program ketiga Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Selain menurutnya, Sinar Mas telah menunjukan program DMPA yang memberikan pembinaan kepada masyarakat desa di sekitar konsesinya itu, mulai dari hulu hingga hilir dan akses pasar produk yang dihasilkan oleh masyarakat binaannya.

"Membuat satu model Purkades, dan Sinar Mas sudah menunjukkan programnya hingga menjamin pasarnya, dan dengan program ini juga dapat membantu pemerintah karena kendalanya dalam membuat program kalau pasarnya tidak disiapkan maka akan percuma," katanya.

Sementara, Ketua Umum ISEI Muliaman D Hadad mengungkapkan, program DMPA merupakan salah satu upaya terobosan dalam semangat pembangunan kolaborasi.

"Perusahaan bekerja sama dengan masyarakat sekitar konsesinya, tidak hanya membangkitkan nilai ekonomi, tapi sekaligus memberdayakan masyarakat dan menjadi model yang sangat baik. Saya kira pemerintah pun sudah melihat ini sebagai satu model yang bisa diterapkan," terang Muliaman.

Eko Putro Sandjojo menilai, program DMPA sudah sejalan dengan program kementeriannya yang dipimpinnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News