Ekonomi Australia Meningkat Tapi Konsumsi Masih Lemah

Ekonomi Australia Meningkat Tapi Konsumsi Masih Lemah
Ekonomi Australia Meningkat Tapi Konsumsi Masih Lemah

Perekonomian Australia telah meningkat 0,6 persen pada kuartal terakhir. Artinya sudah meningkat sebesar 2,8 persen sepanjang tahun lalu.

Angka ini menunjukkan peningkatan, namun masih rendah dari harapan.

Pertumbuhan Ekonomi Australia Kuartal Terakhir 2017:

  • Meningkat 2,8 persen sepanjang tahun hingga bulan September
  • Kontribusi terbesar pada pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan komersial dan industri teknik
  • Industri profesional, sains, dan pelayanan teknis, menjadi sektor yang meningkat di kuartal terakhir

Sejumlah ekonom yang disurvei oleh Reuters pada umumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7 persen pada awal kuartal September lalu dan 3 persen sepanjang tahun lalu.

Angka pertumbuhan tahunan yang membaik terbantu oleh data kuartal September dari penurunan tahun lalu, dan hal ini membawa Australia mendekati tingkat ekspansi ekonomi rata-rata.

Pertumbuhan ekonomi Australia didorong oleh sektor publik dan swasta di kuartal terakhir.

"Peningkatan aktivitas investasi bisnis swasta dan infrastruktur publik mendukung pertumbuhan luas di industri," ujar Bruce Hockman, kepala ekonom di biro statistik Australia, atau ABS, .

Sementara pembangunan bukan hunian telah menambah 0,9 persen selama kuartal terakhir, mengimbangi penurunan kontruksi hunian yang mencapai 0,1 persen.

"Investasi adalah penggerak positif yang besar (naik 1,8 persen dilihat per kuartal), namun agak diuntungkan dengan kenaikan tajam kontruski bukan hunian, kemungkinan berasal dari pembangunan dua fasilitas gas alam di Australia Barat dan Kawasan Australia Utara," ujar Sarah Hunter, kepala ekonom dari BIS Oxford Economics.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News