Ekonomi Makin Sulit, Banyak Peserta Cairkan Dana JHT Lebih Dini

Ekonomi Makin Sulit, Banyak Peserta Cairkan Dana JHT Lebih Dini
ilustrasi / ist

jpnn.com - JAKARTA - Jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) terus bertambah. Hal itu seiring dengan kondisi perekonomian yang belum stabil.

Bahkan perbulannya jumlah peserta BPJS yang mencairkan dana JHT mencapai ratusan ribu. Berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan Agustus 2015, ada sekitar 197 ribu peserta yang mencairkan dana JHT. Sedangkan September mencapai 29 ribu peserta.

Kepala Urusan Komunikasi Eksternal BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja menjelaskan, alasan pencairan JHT bermacam-macam. Ada pyang sudah mengambil dana JHT meski belum pensiun. Paling banyak, sambung Irvansyah karena telah keluar dari tempat kerjanya.

"Paling banyak karena resign alasannya, sekitar 63 persen, kalau soal PHK kami kurang tahu, di data kami mereka menulis resign. Kalau alasan pensiun hanya 1,13 persen, yang lain karena pengambilan sebagian dan sebagainya," ujar Irvansyah kepada JPNN.com, Selasa (6/10).

Sementara, total dana JHT yang sudah dicairkan hingga Januari-Agustus 2015 telah mencapai Rp8 triliun. "Per bulan rata-rata Rp 1 triliun, jumlah peserta yang cairkan dana JHT memang banyak," tandas Irvansyah. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) terus bertambah. Hal itu seiring dengan kondisi perekonomian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News