Eks PM Jepang Yasuhiro Nakasone Meninggal Dunia di Usia 101 Tahun

Eks PM Jepang Yasuhiro Nakasone Meninggal Dunia di Usia 101 Tahun
Mantan perdana menteri Jepang Yasuhiro Nakasone. Foto: ANTARA/REUTERS

jpnn.com, TOKYO - Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuhiro Nakasone meninggal dunia dalam usia 101, Jumat (29/11). Dia memimpin pemerintahan Jepang pada 1982 sampai 1987.

Karir Nakasone di kancah dunia antara lain ditandai dengan keakrabannya dengan Ronald Reagan serta perseteruan dengan birokrat di negerinya sendiri demi mewujudkan reformasi domestik.

Selama masa jabatannya sebagai perdana menteri, Nakasone mampu mengangkat citra Jepang di mata dunia. Tetapi, dia gagal memenuhi impiannya untuk merevisi undang-undang rancangan Amerika Serikat yang membuat Jepang jadi negara pasifis.

Pada 1983 dia jadi perdana menteri Jepang pertama yang melakukan kunjungan resmi ke Korea Selatan, negeri yang dijajah Jepang secara brutal dari 1910 hingga 1945.

Nakasone juga pernah membuat negara-negara bekas jajahan Jepang murka ketika dia berziarah ke Kuil Yasukuni di Tokyo pada 1985. Kuil tersebut merupakan tempat untuk memperingati para prajurit dan petinggi militer Jepang yang tewas pada Perang Dunia II.

Nakasone bersumpah tidak akan berkunjung lagi ke Kuil Yasukuni setelah tindakannya tersebut memicu kerusuhan di Tiongkok. (ant/dil/jpnn)

Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuhiro Nakasone meninggal dunia dalam usia 101, Jumat (29/11). Dia memimpin pemerintahan Jepang pada 1982 sampai 1987.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News