Elektabilitas Ganjar Konsisten Teratas, Anies Sudah Menyalip Prabowo

Elektabilitas Ganjar Konsisten Teratas, Anies Sudah Menyalip Prabowo
Hasil survei terbaru Charta Politika tentang elektabilitas para kandidet capres yang dipaparkan pada Selasa, 29 November 2022. Foto/grafis: Charta Politika

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Charta Politika merilis hasil survei terbarunya tentang elektabilitas 10 nama kandidat calon presiden atau capres.

Survei yang dilakukan pada 4-14 November 2022 itu memperlihatkan elektabilitas bakal capres mengerucut pada Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Caharta Politika Yunarto Wijaya mengatakan Ganjar Pranowo masih memiliki elektabilitas teratas dengan 32,6 persen.

"Dari Juli memang (elektabilitas Ganjar) sudah di atas 30 persen," ujar Yunarto dalam jumpa pers secara virtual, Selasa (29/11).

Namun, ada pergantian penghuni peringkat kedua elektabilitas capres. Sebelumnya, peringkat kedua elektabilitas tokoh kerap ditempati Prabowo Subianto.

Dalam survei terakhir Charta Politika, Anies Baswedan dengan elektabilitas 23,1 persen berada persis di bawah Ganjar Pranowo. Mantan Gubernur DKI itu pun sudah menggeser peringkat Prabowo.

"Di September itu (peringkat kedua) masih dipegang Pak Prabowo. Sekarang Pak Prabowo di peringkat ketiga dengan 22 persen," tutur Yunarto.

Adapun di peringkat keempat ada Ridwan Kamil alias Kang Emil. Elektabilitas gubernur Jawa Barat itu di angka 5,6 persen.

Survei Charta Politika pada 2-14 November 2022 memperlihatkan elektabilitas tokoh bakal capres mengerucut pada Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News