Enam Kartini Muda Berjaya di Amerika

Sabet Medali di Ajang I-SWEEEP

Enam Kartini Muda Berjaya di Amerika
Enam Kartini Muda Berjaya di Amerika
JAKARTA - Enam pelajar putri dari tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) memberi kado spesial pada peringatan Hari Kartini. Kementerian Pedidikan Nasional (Kemendiknas) mengumumkan bahwa tiga tim putri Indonesia meraih penghargaan bergensi pada ajang International Sustainable Energy Engineering and Environment Project Olympic (I-SWEEEP) 2010 yang berlangsung pada 14-19 April di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Tiga tim putri dari kontingen Indonesia yang meraih predikat bergengsi itu adalah Healtha Padmanusa dan Nabila Binti Ahmad Anshori dari SMA Semesta Bilingual Boarding School, Semarang, Jawa Tengah meraih, Dhora Vasminingtya dan Nila Sutra dari SMAN 1 Ponogoro, Jawa Timur, serta Mutiah Humaira dan Shinta Erdiana dari SMA Kharisma Bangsa Bilingual Boarding School, Tangerang Selatan, Banten.

Healtha Padmanusa dan Nabila Binti Ahmad Anshori melalui penelitian yang diberi judil Utilization of Anthocyanin Compounds from Senduduk Plant (Melastoma Malabathricum) as Sensitizer in Dye Sensitized Solar Cell, meraih medaliperak untuk kategori energi. Dalam penelitiannya, Healtha mencari solusi murah untuk membuat solar sel.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (22/4), Heltha menjelaskan, pada umumnya solar sel dibuat menggunakan silikon yang berharga mahal. Sementara solusi yang dibuatnya adalah dengan memanfaatkan ekstrak biji tanaman senduduk (Melastoma Malabathricum). "Setelah dites dengan ultraviolet, tanaman ini mengandung antosianin yang dapat digunakan sebagai pengganti silikon," katanya.

JAKARTA - Enam pelajar putri dari tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) memberi kado spesial pada peringatan Hari Kartini. Kementerian Pedidikan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News