Era Digital, Koran Harus Siasati Persaingan

Era Digital, Koran Harus Siasati Persaingan
CEO RGD Media, Grig Davidovitz saat menyampaikan paparan dalam Newsroom Summit pada pertemuan WAN-IFRA di Nusa Dua Bali, Rabu (11/4). Foto : Ayatollah Antoni/JPNN
NUSA DUA - Penerbit media cetak harus semakin kreatif dan mampu membuat terobosan-terobosan baru agar dapat bersaing dengan media format lain seperti online dan televisi. Mau tidak mau, media cetak harus mengembangkan versi digital di internet demi memudahkan pembaca.

Demikian  rangkuman dari sesi Newsroom Summit pada pertemuan World Association Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA) di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/4). Grig Davidovitz,  pembicara yang juga CEO RGD Media mengatakan bahwa membuat edisi cetak ke versi digital di internet adalah sebuah keniscayaan.

Bekas online editor di media Haaretz, Israel itu menjelaskan, saat ini nyaris seluruh media cetak terkemuka memiliki versi online. Munculnya iPad, iPhone dan gadget lainnya yang memiliki koneksi internet, juga memacu media cetak untuk hadir dalam versi digital.

Rata-rata media online, kata Grig, menyuguhkan 200 hingga 500 berita per hari. Namun belum tentu semuanya dibutuhkan pembaca. Sebab, tak mungkin pembaca menghabiskan waktu untuk membaca seluruh berita dari satu media.

NUSA DUA - Penerbit media cetak harus semakin kreatif dan mampu membuat terobosan-terobosan baru agar dapat bersaing dengan media format lain seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News