Erick Thohir Banser Bersertifikat

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Erick Thohir Banser Bersertifikat
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.

jpnn.com - Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata anggota Banser ada yang bersertifikat. Selama ini publik tahu bahwa Banser merupakan akronim Barisan Ansor Serbaguna yang menjadi anak kandung Nahdlatul Ulama (NU).

Banser banyak berkiprah dalam berbagai aktiitas sosial keagamaan. Banser menjadi perbincangan karena ikut mengamankan gereja-gereja saat perayaan Natal.

Soal 'Banser Bersertifikat' itu muncul dari pernyataan Sulaeman Tanjung untuk menjawab banyaknya kritik terhadap NU yang akan merayakan puncak peringatan Satu Abad NU pada 7 Februari mendatang di Sidoarjo.

Sulaeman Tanjung adalah wakil sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Menjelang perhelatan besar nahdiyin itu muncul perdebatan soal banyaknya baliho bergambar Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam beberapa hari terakhir ini, Surabaya dan Sidoarjo terlihat ‘ijo royo-royo’ karena dominasi baliho dan poster berwarna hijau. Di antara deretan baliho dan poster itu yang paling menonjol adalah baliho ucapan selamat dari Erick Thohir kepada nahdiyin.

Foto Erick Thohir dalam pose berpeci hitam dan berkalung serban hijau tersebar di mana-mana, termasuk di jalanan sekitar Masjid Agung Al-Akbar yang berdekatan dengan kantor PWNU Jatim.

Mungkin publik tidak tahu bahwa Erick Thohir dipercaya sebagai ketua panitia pengarah Perayaan Satu Abad NU. Itulah sebabnya balihonya tersebar dimana-mana.

Publik tahu bahwa Erick Thohir punya target ikut berkompetisi di Pilpres 2024. Hal menjadi ujian bagi konsistensi NU untuk menjaga jarak dari politik praktis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News