ESSC Esri Indonesia Luncurkan Portal Jakarta Flood Map

ESSC Esri Indonesia Luncurkan Portal Jakarta Flood Map
Pusat Dukungan Darurat Geospasial (Emergency Spatial Support Center/ESSC) yang digagas Esri Indonesia menciptakan portal Jakarta Flood Map. Foto: Esri Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Banjir yang melanda Jakarta dan beberapa daerah lain membuat Pusat Dukungan Darurat Geospasial (Emergency Spatial Support Center/ESSC) yang digagas Esri Indonesia menciptakan portal Jakarta Flood Map.

CEO Esri Indonesia A. Istamar menjelaskan, portal itu mencakup dasbor untuk memantau pintu air, tampilan area terdampak banjir dan level ketinggian banjir.

“Ada juga dasbor untuk fasilitas publik terdampak banjir, peta narasi mengenai banjir Jakarta, serta mapping sebaran jumlah pengungsi korban banjir,” kata Istamar, Jumat (17/1).

Istamar menjelaskan, data yang digunakan pada Jakarta Flood Map merupakan tercepat dan akurat karena bersumber langsung dari Pemprov DKI Jakarta, Dukcapil, BNPB, dan dinas terkait lainnya.

Untuk Jakarta Flood Gate Monitoring, data diambil dari seluruh pintu air di Jakarta secara near real time, lengkap dengan status masing-masing pintu air.

Dasbor berhasil digunakan dengan baik oleh para relawan dan pemangku kepentingan di DKI Jakarta sehingga mempercepat pengambilan keputusan terkait bencana banjir yang melanda.

“Portal itu mampu berfungsi secara optimal dan berguna dalam penyediaan informasi berbasis kecerdasan lokasi melalui teknologi geospasial,” ujar Istamar. (jos/jpnn)

Banjir yang melanda Jakarta dan beberapa daerah lain membuat Pusat Dukungan Darurat Geospasial (Emergency Spatial Support Center/ESSC) yang digagas Esri Indonesia menciptakan portal Jakarta Flood Map.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News