Evakuasi Ke-12 Remaja Di Gua Thailand Resmi Dilakukan

Evakuasi Ke-12 Remaja Di Gua Thailand Resmi Dilakukan
Evakuasi Ke-12 Remaja Di Gua Thailand Resmi Dilakukan

Misi untuk mengevakuasi 12 anak laki-laki yang terperangkap dan pelatih sepak bola mereka dari situs di dalam gua Tham Luang Nang Non secara resmi telah dimulai dengan 18 penyelam dan lima Navy SEAL dikirim untuk menyelamatkan kelompok tersebut. 

Operasi penyelamatan yang berani dimulai sejak pukul 10.00 waktu setempat  setelah sejumlah ambulans sebelumnya telah tiba di lokasi dan daerah di sekitar kompleks gua Tham Luang disterilkan.

Kepala misi penyelamatan dan Gubernur Provinsi Chiang Rai Narongsak Osottanakorn mengatakan kepada media dalam konferensi pers, kelompok tercepat yang dapat dikeluarkan dari dalam gue adalah pada jam 9:00 malam (12:00 AM AEST) tetapi anggota tim yang terperangkap "sudah sangat siap" untuk dikeluarkan dari gua.

Tigabelas orang penyelam asing, lima penyelam Thailand, dan lima Navy SEAL telah dikirim untuk mengambil kelompok itu.

"Hari ini kami berada pada tingkat kesiapan tertinggi," kata Osottanakorn.

"Hari ini adalah hari-H."

Masing-masing dari anak laki-laki itu akan didampingi dua penyelam yang akan membantu mereka menavigasi lorong-lorong gelap dan padat yang dipenuhi dengan air berlumpur dan arus kuat, serta udara yang menguras oksigen.

Seorang mantan angkatan laut Thailand pingsan saat melakukan penyelaman pada hari Jumat (6/7/2018) dan akhirnya meninggal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News