F1 Tunda Regulasi Mesin V6 Turbo

F1 Tunda Regulasi Mesin V6 Turbo
F1 Tunda Regulasi Mesin V6 Turbo
PARIS - Para pimpinan Formula 1 mengambil jalan tengah terkait regulasi mesin baru. Mereka mencapai kata sepakat untuk menunda pengenalan regulasi baru tersebut hingga musim 2014. Regulasi baru yang dimaksud adalah penggunaan mesin terbaru dengan V6 turbo 1,6 liter.

Keputusan tersebut menyusul adanya pro dan kontra yang muncul terkait pengumuman pengadopsian regulasi baru itu pada musim 2013. Seperti yang dilaporkan Autosport pada Rabu (22/6) waktu setempat, pabrikan pemasok mesin F1 sudah menyodorkan proposal pada Formula 1 Commission yang bertujuan untuk penolakan rencana penggunaan mesin turbo empat silinder lebih awal.

Konsep mesin empat silinder tersebut sudah membagi tim-tim F1 dalam dua kubu. Perbedaan terjadi pada opini di antara para pembuat chasis mobil. Setelah melalui berbagai upaya yang secara intens antara mereka dan juga tim-tim yang terlibat di ajang F1, mereka mengirimkan sebuah proposal secara bersamaan. Isinya, permintaan penggunaan mesin V6 yang akan diperkenalkan mulai 2014.

Namun, mereka tak berniat mengubah sisi positif yang coba dibangun FIA. Meski mengalami penundaan, masih tetap akan mengusung sistem "green hybrid" yang masih ingin dipelajari lebih lanjut oleh FIA.

PARIS - Para pimpinan Formula 1 mengambil jalan tengah terkait regulasi mesin baru. Mereka mencapai kata sepakat untuk menunda pengenalan regulasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News