JPNN.com

Fadli Zon Minta Jokowi Layangkan Protes ke Tiongkok

Kamis, 19 November 2015 – 01:34 WIB Fadli Zon Minta Jokowi Layangkan Protes ke Tiongkok - JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah memprotes keras klaim kepemilikan Tiongkok atas Laut China Selatan. Kalau pemerintah diam, menurut Fadli Zon, Indonesia akan rugi sendiri.

"Indonesia harus protes keras atas klaim kepemilikan Tiongkok atas Laut China Selatan. Kalau dibiarkan sangat membahayakan dan akan memicu konflik yang lebih panjang, dan secara material negara akan dirugikan," kata Fadli, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (18/11).

Dia menjelaskan, sengketa atas Laut China Selatan semakin hari semakin berkembang dan makin serius. "Dan belakangan konflik itu juga melibatkan Indonesia," ujar Fadli.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini berharap agar Indonesia bisa lebih proaktif menjalankan politik diplomasinya sebagaimana paham politik Indonesia yang bebas dan aktif.

"Jangan sampai hal ini dibiarkan saja. Pemerintah harus minta penjelasan resmi, kenapa wilayah maritim Indonesia diklaim sebagai milik Tiongkok. Paling tidak, Presiden Jokowi nantinya tanyakan kepada Presiden Xi Jinping dalam Pertemuan G-20," saran Fadli Zon. (fas/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...