Orang Tua dan Guru Harus Pastikan Siswa Pakai Masker Saat PTM

Orang Tua dan Guru Harus Pastikan Siswa Pakai Masker Saat PTM
Anggota DPD RI Fahira Idris. Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengizinkan dibukanya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi daerah yang status PPKM berada di level 1-3.

Oleh karena itu, semua kepala daerah segera memformulasikan teknis PTM terbatas di daerahnya masing-masing dengan mengedepankan keselamatan peserta didik tidak hanya di lingkungan sekolah atau selama PTM berlangsung tetapi juga saat siswa pergi dan pulang ke sekolah.

“Salah satu hal yang harus terus diingatkan kepada siswa adalah memakai masker yang baik dan benar,” kata anggota DPD RI Fahira Idris di Jakarta, Sabtu (28/8).

Menurut Fahira, walau PTM sudah diizinkan di daerah dengan status PPKM Level 1 sampai 3 tetapi sifatnya tetap terbatas terutama dari sisi kuantitas siswa yang hadir dan jumlah hari PTM.

Hal ini karena sejatinya walau sebuah daerah berlevel 1 atau zona hijau sekalipun dan cakupan vaksinasinya sudah tinggi, potensi penularan Covid-19 masih tetap ada.

Oleh karena itu, kata dia, salah satu prinsip dasar yang harus terus dikuatkan saat PTM terbatas berlangsung adalah memastikan semua insan yang ada di sekolah wajib memakai masker dengan baik dan benar.

“Saya meminta baik orang tua maupun guru jangan lelah terus mengingatkan anak-anaknya yang akan PTM untuk tidak pernah membuka maskernya baik saat berangkat ke sekolah, saat berada di sekolah maupun ketika perjalanan pulang ke rumah,” ujar Fahira.

Menurut dia, memakai masker yang baik dan benar artinya masker menutupi hidung dan mulut dan pastikan bahan masker bagus dan sangat baik jika anak-anak memakai masker dobel.

Salah satu prinsip dasar yang harus terus dikuatkan saat PTM terbatas berlangsung adalah memastikan semua insan yang ada di sekolah wajib memakai masker dengan baik dan benar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News