Fahri Hamzah Promosikan Kekuatan Pancasila di Forum MIKTA

Fahri Hamzah Promosikan Kekuatan Pancasila di Forum MIKTA
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dalam sidang pimpinan Parlemen Multilateral yang tergabung dalam MIKTA, Istanbul, Kamis (27/9). Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, ISTANBUL - Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Kesejahteraan rakyat, Fahri Hamzah menjelaskan, Pancasila yang dianut Indonesia telah berhasil menunjukkan kekuatannya dalam berbagai ujian stabilitas.

Hal tersebut diungkapkannya dalam sidang pimpinan Parlemen Multilateral yang tergabung dalam MIKTA ((Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia), Istanbul, Kamis (27/9).

"Pancasila berhasil mengatasi berbagai persoalan kecemasan yang kadang-kadang justru dicurigai berasal dari negara lain yang sengaja memproduksinya,"ujar Fahri yang memimpin delegasi BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen) DPR RI di Istanbul, Turki, selama dua hari 28-29 September 2017.

Pada kesempatan itu, Fahri sengaja mempromosikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang bersifat universal dan kebenarannya tidak bisa digugat.

Ia menilai kemungkinan di banyak negara tidak terlalu paham bahwa akar permasalahan dalam isu kemanusiaan adalah pemahaman yang keliru tentang kesetaraan dan persaudaraan. Kecemasan dimanufaktur sehingga menimbulkan kebencian dan xenophobia.

Dilanjutkannya, saat ini dunia memang diwarnai isu mobilisasi meliputi migrasi dan pengungsi. Jika migran yang lebih menyangkut pencari kerja bermakna ekonomis bagi negara, maka pengungsi lebih ke pencarian suaka, maknanya bisa berupa ancaman.

Pada kesempatan itu, Pimpinan Parlemen lima negara menginginkan nasionalisme yang berlebihan tidak boleh menghalangi negara untuk menolong negara lain dengan landasan kemanusiaan.

"Ke depan harus ada kerjasama yang lebih intensif diantara negara-negara MIKTA untuk bisa menyelesaikan krisis kemanusiaan baru yang sedang terjadi," tambah Fahri seraya mengusulkan sebuah platform bersama negara-negara MIKTA yang mengacu pada kesadaran saling membantu atas dasar kemanusiaan. (adv/jpnn)

 

 


Fahri Hamzah mempromosikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang bersifat universal dan kebenarannya tidak bisa digugat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News