Sabtu, 17 Agustus 2019 – 18:39 WIB

Fakta Menarik Perolehan Suara Caleg DPR di Madura

Rabu, 15 Mei 2019 – 15:00 WIB
Fakta Menarik Perolehan Suara Caleg DPR di Madura - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah selesai. Distribusi kursi untuk DPR dari wilayah tersebut memang akan ditetapkan setelah rekapitulasi tingkat nasional selesai.

Berdasar penghitungan manual hasil rekapitulasi tingkat Provinsi Jatim, tercatat ada sembilan parpol yang memperoleh kursi DPR dari 11 dapil di provinsi ini. PDIP dan PKB menjadi parpol peraih kursi terbanyak. PDIP meraih 20 kursi dan PKB memperoleh 19 kursi.

Namun, ada fenomena menarik yang mewarnai hasil perolehan suara pemilu untuk DPR di Jatim. Mayoritas caleg pengumpul suara jumbo berasal dari dapil Jatim XI alias Madura.

Seluruh caleg terpilih dari Pulau Garam itu mengumpulkan lebih dari 120 ribu suara. Berbeda dengan 10 dapil lainnya, tidak banyak caleg terpilih yang bisa meraih lebih dari 100 ribu suara.

BACA JUGA: Dewi Tanjung Laporkan 3 Tokoh Ternama, Kasus Dugaan Makar

Tengok saja perolehan suara caleg Partai Gerindra R Imron Amin. Dia meraup 242.437 suara. Atau, caleg PPP Ahmad Baidowi yang mendapat 227.170 suara. Dari total jatah delapan kursi, hanya dua caleg yang perolehannya kurang dari 150 ribu suara.

Meski perolehan suara para caleg terpilih di wilayah Madura jumbo, sebarannya ternyata tidak merata. Rata-rata perolehan suara para kandidat terpilih itu terpusat di satu kabupaten/kota.

Misalnya, caleg PKB H Syafiuddin yang mendapat lebih dari 134 ribu di antara 142.303 suara di Bangkalan. Perolehan di tiga wilayah Madura lainnya rata-rata tidak sampai 4.000 suara per kabupaten.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar