Fasilitas Pasien BPJS Bikin Kaget Petinggi IMF

Fasilitas Pasien BPJS Bikin Kaget Petinggi IMF
Presiden Joko Widodo bersama Managing Director IMF Christine Lagarde saat mengunjungi RS Pusat Pertamina untuk melihat penerapan BPJS Kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS), Senin (26/2). Foto: Setkab

jpnn.com, JAKARTA - Fasilitas bagi pasien peserta BPJS Kesehatan maupun pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), bikin kaget Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama BPJS Fahmi Idris yang ikut mendampingi Presiden Joko Widodo ketika menerima kunjungan petinggi IMF tersebut.

Lagarde melihat langsung fasilitas kesehatan bagi peserta BPJS dan pemegang KIS di RSPP, Senin (26/2).

Ketika Lagarde melihat ruangan pasien kelas III yang ditempati pasien BPJS dan KIS, kata Fahmi, perempuan kelahiran Perancis, 62 tahun lalu itu sempat bertanya tentang keberadaan televisi (TV) di ruangan tersebut.

"Dia kaget sebetulnya, kenapa di ruang kelas tiga kita ada TV untuk pasien. Beliau tanya, TV ini bayar atau enggak? Oh enggak, ini free yang ingin nonton. Wah kalau di Perancis, kalau ada TV-nya, harus ada bayar sendiri. Nah itu contoh saja," ucap Fahmi.

Lagarde sendiri usai diajak Jokowi blusukan ke RSPP juga menyatakan kekagumannya terhadap sistem jaminan sosial untuk masyarakat di Indonesia. Meskipun di negaranya, Perancis, hal serupa sudah berjalan sejak 1940-an.

"Saya sangat terkesan dengan cakupan sosial (di Indonesia). Mendapati 90 juta orang yang dicakup secara gratis, itu fantastis. Fasilitas ini mengesankan, ukuran ruangan, kecepatan penanganan pasien yang termasuk dalam sistem digital," ujar Lagarde.(fat/jpnn)


Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Christine Lagarde bersama Presiden Joko Widodo kunjungi pasien BPJS Kesehatan di RSPP.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News