Feeder Busway Harus Jangkau Daerah Elite

Feeder Busway Harus Jangkau Daerah Elite
Feeder Busway Harus Jangkau Daerah Elite
TIGA feeder (angkutan penghubung) untuk busway yang telah dioperasikan Pemprov DKI Jakarta, masih jauh dari kata cukup. Banyak wilayah di ibu kota yang belum terjangkau feeder, utamanya kawasan perumahan elite. Padahal, pengguna kendaraan pribadi (mobil) kebanyakan berasal dari kawasan tersebut.

Dan salah satu tujuan busway, adalah mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke busway sehingga kemacetan di ibu kota bisa dikurangi. Kawasan elite di Jakarta yang belum terjangkau oleh feeder busway, sedikitnya ada 8 kawasan. Yakni, Kelapagading Jakarta Utara, Pluit Jakarta Utara, Menteng Jakarta Pusat, Otista Jakarta Timur, Kemanggisan Jakarta Barat, Kebonjeruk Jakarta Barat, Cipete Jakarta Selatan, dan Cilandak Jakarta Selatan.

"Feeder di kawasan elite ini harus segera direalisasikan. Sebab, pengguna kendaraan pribadi paling banyak adalah warga di kawasan-kawasan elite,’’ kata Maman Firmansyah, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Kamis (29/9).

Menurut Maman, feeder sangat diperlukan untuk mempermudah masyarakat di pemukiman yang tak dilintasi jalur busway. Karena, mereka akan diantarkan ke koridor-koridor yang menjadi tujuan mereka masing-masing. "Untuk itu, feeder seharusnya dibangun disemua koridor jangan hanya di tiga lokasi saja," ujarnya.

TIGA feeder (angkutan penghubung) untuk busway yang telah dioperasikan Pemprov DKI Jakarta, masih jauh dari kata cukup. Banyak wilayah di ibu kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News