Fikri Siap Teruskan Langkah Sang Ayah

Fikri Siap Teruskan Langkah Sang Ayah
Foto: Ali/Jawa Pos
K.H Zainuddin M.Z memang sudah meninggal. Namun, bukan berarti tidak ada penerus jejak sebagai da'i dan politikus. Diam-diam, da'i yang pernah bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bintang Reformasi (PBR) itu sudah mempersiapkan Fikri Haikal, sang putera, sebagai penerus.

Saat jeda salat jenazah kemarin, Fikri sempat membaca doa sebelum memberikan sambutan. Saat itu, suara, cengkok, dan gaya bicara putra sulung Zainuddin tersebut sangat mirip dengan ayahnya. Bahkan, beberapa pelayat mengakui gaya tersebut sebagai milik sang senior. "Mirip banget ya sama ayahnya," kata seorang pelayat.

Barangkali, tidak ada satu pun orang yang mampu sepenuhnya menggantikan sosok ulama terkenal itu. Namun, Fikri Haikal mengaku kalau dirinya memang sudah menyiapkan diri untuk terjun di dunia yang membesarkan ayahnya. "Saat ini saya memang dalam perjalanan ke sana," ungkapnya. Namun, dia menjelaskan jika semua itu tergantung pada umat.

Bagaimana Zainuddin M.Z membentuk Fikri sebagai pengganti, sebenarnya sudah terlihat. Fikri mengaku berulangkali diminta ayahnya untuk menggantikan berdakwah. Misalnya, dua acara terakhir di Jatim sebelum ayahnya meninggal.

K.H Zainuddin M.Z memang sudah meninggal. Namun, bukan berarti tidak ada penerus jejak sebagai da'i dan politikus. Diam-diam, da'i yang pernah bergabung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News