Film G 30 S/PKI Jadi Pembuka Bimtek Kader PAN

Film G 30 S/PKI Jadi Pembuka Bimtek Kader PAN
Aktor Amoroso Katamsi sebagai Mayor Jenderal Soeharto dalam film Pengkhianatan G 30 S/PKI. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan temu legislatif di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (21/9). Pembukaan bimtek yang diikuti legislator PAN dari seluruh Indonesia itu dibuka dengan kegiatan nonton bareng film Pengkhianatan G 30 S/PKI.

Film berdurasi empat jam karya sutradara Arifin C Noer itu sengaja dimasukkan sebagai agenda pembukaan. Tujuannya untuk kembali mengingatkan masyarakat akan bahaya komunis yang sempat merongrong RI pada 30 September 1965.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat membuka bimtek dan temu legislatif itu mengatakan, kepentingan partainya memutar kembali film yang sempat menjadi kontroversi di awal reformasi itu demi mengingatkan generasi muda tentang peristiwa kelam pada 1965. Sebab, banyak anak muda yang belum mengetahui tragedi kelam dalam perjalanan sejarah RI itu.

"Ideologi (komunis) ini sudah kalah di mana-mana, tapi ini penting untuk mengingatkan anak-anak muda," ujarnya.

Meski film itu masih menjadi kontroversi, Zulkifli tetap meyakini bawah PKI memang memberontak. Karena itu, katanya, generasi muda harus mengetahui fakta pemberontakan PKI.

"Misal ada kepentingan itu biasa. Kalaupun ada film baru untuk generasi milenial saya setuju, tapi durasinya jangan panjang-panjang," ujarnya.(bay/jpk)


Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meyakini PKI memang memberontak pada 1965. Sayang, banyak anak muda yang tak mengetahui tragedi kelam dalam sejarah RI itu.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News