Freeport dan Newmont Harus Mau Renegosiasi

Freeport dan Newmont Harus Mau Renegosiasi
Freeport dan Newmont Harus Mau Renegosiasi
JAKARTA – Masih banyak perusahaan tambang yang enggan merenegosiasi kontraknya dengan pemerintah, termasuk dua perusahaan berskala besar yakni PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara. Tapi, pemerintah mengklaim memiliki solusi jitu guna mengajak mereka duduk satu meja.

’’Intinya kalau semangatnya mencari solusi bagi semua pihak, adil dan fair, itu bakal jalan. Saya yakin akhirnya semua akan mau duduk bersama membahas renegosiasi kontrak,’’ kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

Salah satu poin krusial dalam renegosiasi kontrak tambang mineral dan batu bara adalah soal penerimaan negara atau royalti. Freeport tercatat hanya memberi royalti bagi pemerintah senilai 1% untuk emas dan 1,5-3,5% untuk tembaga. Sementara Newmont, sejak berproduksi Desember 2010, tarif royalti untuk emas dan perak sebesar 1-2% (tergantung harga penjualan). Sedangkan untuk tembaga, tarif royaltinya bahkan lebih rendah dari Freeport.

Pemerintah ingin perusahaan pertambangan menaikkan royalti sesuai ketentuan PP No 45/2003. Royalti untuk tembaga 4%, emas 3,75%, dan perak 3,25%.

JAKARTA – Masih banyak perusahaan tambang yang enggan merenegosiasi kontraknya dengan pemerintah, termasuk dua perusahaan berskala besar yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News