Gaji TKI Ke Korea Bisa Capai Rp22 Juta Per Bulan

Gaji TKI Ke Korea Bisa Capai Rp22 Juta Per Bulan
Gaji TKI Ke Korea Bisa Capai Rp22 Juta Per Bulan
JAKARTA - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melepas keberangkatan 383 TKI formal untuk bekerja di berbagai perusahaan meliputi 9 negara. Masing-masing Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Myanmar, Papua New Guinea (PNG), Amerika Serikat, Afrika (Zambia dan Geunia Equatorial), serta Eropa.

Menurut Ketua BNP2TKI, Jumhur Hidayat, dari jumlah TKI dimaksud, 248 orang diberangkatkan melalui program kerjasama antar pemerintah atau Government to Government (G to G). Masing-masing 93 orang ke Korea yang akan bekerja di bidang manufaktur serta perikanan. Kemudian 155 TKI untuk penempatan di Jepang.

“Untuk TKI penempatan di Jepang, terdiri dari 48 TKI perawat rumah sakit (nurse) dan 107 orang perawat lanjut usia (careworker). Secara bertahap semua TKI akan mulai berangkat Selasa (27/6),” ujarnya di Jakarta, Senin (26/6).

Selain lewat program G to G, 135 orang TKI lainnya menurut Jumhur diberangkatkan lewat Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dengan pengawasan dokumen ketenagakerjaan oleh BNP2TKI. Masing-masing 25 orang akan bekerja di Taiwan pada sektor rumah tangga, yang secara khusus juga menangani perawatan orangtua jompo.

JAKARTA - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melepas keberangkatan 383 TKI formal untuk bekerja di berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News