Gala Desa jadi Fondasi Melahirkan Bibit Masa Depan Indonesia

Gala Desa jadi Fondasi Melahirkan Bibit Masa Depan Indonesia
Menpora Imam Nahrawi melaunching Buku Gala Desa 2018 di Jakarta, Selasa (7/8). Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali menggelar Gala Desa 2018. Ajang multievent khusus desa ini resmi di-launching di Kartika Candra, Jakarta, Selasa (7/8) sore.

Menpora Imam Nahrawi memimpin langsung acara peluncuran yang dibuat unik tersebut. Panggung khas desa dengan saung dan tanaman serta karpet hijau layaknya rumput menghampar menjadi pemanis di depan.

Sebelum meluncurkan Gala Desa, Menpora Imam Nahrawi terlebih dulu memamerkan buku karyanya berjudul "Olahraga Desa Menuju Dunia" yang sengaja dibuatnya untuk mendokumentasikan setiap kegiatan Gala Desa yang menjadi program unggulannya pada 2017 lalu.

“Alhamdulillah, memang saya selalu bilang kepada setiap Asisten Deputi, setiap Deputi, bahwa program kegiatan itu harus dibukukan. Jangan hilang begitu saja, kalau dibukukan, saya yakin beberapa tahun ke belakang pasti akan terus dikenang," ungkapnya.

Buku setebal lebih dari 230 halaman tersebut menceritakan bagaimana Imam menelurkan ide untuk menggelar olahraga yang tak hanya terpusat di kota-kota, tapi bisa langsung menyentuh masyarakat pedesaan. Pasalnya, dia yakin bibit atlet potensial juga banyak di desa dan tak akan muncul apabila tak ada ruang untuk menyalurkan kemampuannya.

"Gala Desa adalah fondasi utama pemerintah untuk melahirkan bibit masa depan Indonesia. Bukankah kita negara yang besar yang memiliki 260 juta penduduk. Pasti akan banyak anak kampung, anak desa yang bisa kita berikan suasana kompetisi dan menjadi bagian dari rencana strategis pemerintah untuk melahirkan atlet nasional," terang Imam.

Nantinya, ada 136 desa terpilih yang berada di 136 kab/kota di 34 provinsi se-Indonesia yang akan menggelar ajang ini. Kick-off Gala Desa akan dihelat di Gorontalo Utara pada Sabtu (11/8) mendatang. Sama seperti tahun lalu, enam cabang olahraga akan dipertandingkan dalam Gala Desa 2018 yaitu sepak bola, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, tenis meja, dan atletik.

Usai meluncurkan bukunya dan memberikan sambutan, Imam kemudian melakukan seremoni penandatanganan buku yang akan dibagikan ke daerah dan dilanjutkan dengan melakukan launching ceremony Gala Desa.

Menurut Menpora, Gala Desa merupakan fondasi utama pemerintah untuk melahirkan bibit masa depan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News