Galakkan Kondom Perempuan di Timika

Galakkan Kondom Perempuan di Timika
Galakkan Kondom Perempuan di Timika
TIMIKA – Para ibu rumah tangga (IRT) di Timika sangat rentan terjangkit HIV/AIDS. Diperkirakan, IRT yang terjangkit penyakit berbahaya itu mencapai 60 persen dari total penderita di Mimika.

Data Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Mimika menyebutkan, penderita HIV/Aids di Mimika mencapai 551 orang per tanggal 31 Desember 2009. Dari jumlah itu, 418 penderita penderita HIV, sedangkan sisanya 133 sudah ke tahap AIDS.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Dr. Nafsia Mboi menjelaskan, tingginya tingkat penyebaran pada kaum perempuan, terutama IRT disebabkan kurangnya kesadaran kaum pria menggunakan pengaman (kondom) saat melakukan hubungan intim.

Salah satu alternatif untuk mengurangi jumlah penderita, maka dianjurkan menggunakan kondom perempuan. “Ini antisipasi penularan HIV/AIDS, karena selama ini kaum pria enggan menggunakan kondom saat berhubungan intim,” ujar Nafsia akhir pekan lalu. Dikatakan, saat ini sudah terjadi feminimisasi kasus HIV/AIDS di Indonesia, termasuk Timika dengan 60 persen penderitanya kaum perempuan. 

TIMIKA – Para ibu rumah tangga (IRT) di Timika sangat rentan terjangkit HIV/AIDS. Diperkirakan, IRT yang terjangkit penyakit berbahaya itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News