Gandeng BNI dan 7 Rumah BUMN, Gernas Hadirkan UMKM Kalbar Go Global

Gandeng BNI dan 7 Rumah BUMN, Gernas Hadirkan UMKM Kalbar Go Global
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 'Corak-corak Kalbar'. Foto dok BUMN

jpnn.com, KALIMANTAN BARAT - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Barat menempatkan pengusaha UMKM, serta industri kecil dan menengah untuk bisa meningkatkan kualitas produknya, serta menguasai keahlian digital untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur teknologi dalam mengembangkan usahanya.

Di bawah arahan Kementerian BUMN sebagai manajer kampanye program yang mengusung tema #CorakCorakKalbar - Membangun UMKM Kalbar Go Global ini menggandeng BNI dan tujuh Rumah BUMN, untuk bisa melakukan pelatihan dan pendampingan pengusaha UMKM.

Menteri Erick Thohir menegaskan komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia.

“Keberadaan kami memang untuk membangun negeri ini. Kami sepenuhnya menyadari tulang punggung perekonomian bangsa ini justru berada di punggung para pengusaha UMKM. Jadi, untuk membangun Indonesia, penting untuk memastikan pengusaha UMKM ini mampu menjalankan usahanya tanpa halangan berarti," jelasnya.

Komitmen Kementerian BUMN ini dibuktikan dengan berbagai capaian luar biasa dari Gernas BBI Kalbar.

Gernas ini turut mendukung penyaluran kredit digiKU Kalimantan Barat sebesar Rp 200 Miliar selama periode Agustus-Oktober 2022.

Tak hanya itu, kredit usaha rakyat (KUR) juga disalurkan ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar dengan total nilai mencapai lebih dari Rp 4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022.

Sementara itu selama periode yang sama, ada tujuh UMKM eksportir asal Kalbar dengan catatan transaksi mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun.

Komitmen Kementerian BUMN ini dibuktikan dengan berbagai capaian luar biasa dari Gernas BBI Kalbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News