Gandeng FK UI, Kemendes PDTT Bakal Kirim Dokter ke Pelosok Desa

Gandeng FK UI, Kemendes PDTT Bakal Kirim Dokter ke Pelosok Desa
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) saat menerima kunjungan Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (22/9/2021). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Ketersediaan tenaga kesehatan menjadi salah satu masalah pokok dalam layanan kesehatan di tingkat desa.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) pun menjajaki kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengirimkan dokter muda ke berbagai pelosok desa.

“Kami mempunyai data SDGs Desa yang memetakan wilayah-wilayah yang mengalami kekurangan tenaga Kesehatan. Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk bekerja sama dalam meningkatkan layanan Kesehatan di level desa,” ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam di Kantor Kemendes PDTT, Kalibata, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Abdul Halim mengatakan Desa Sehat dan Sejahtera merupakan tujuan ketiga dari SDGs Desa.

Menurut dia, kesejahteraan warga desa tidak akan bisa dicapai tanpa Kesehatan. Dalam upaya mencapai Kesehatan warga tersebut maka harus ada kemudahan akses terhadap layanan Kesehatan baik dari sisi ketersediaan tenaga Kesehatan maupun fasilitas Kesehatan.

“Hasil riset Kesehatan dasar, proporsi rumah tangga yang mengalami kesulitan akses kesehatan masih relative tinggi yakni di kisaran 62,9%, yang terbagi kategori sulit 36,9% dan kategori sangat sulit 26%,” ujarnya.

Gus Menteri-sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-menilai kerja sama dengan perguruan tinggi seperti dengan FK Universitas Indonesia sangat dibutuhkan dalam mempercepat pencapaian SDGs Desa.

Menurut Gus Menteri, akan ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan Kemendes PDTT dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kemendes PDTT menjajaki kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengirimkan dokter muda ke berbagai pelosok desa.