Gandeng PT KAI, BNPT Berdayakan Mitra Deradikalisasi di Jateng, Nih Buktinya

Gandeng PT KAI, BNPT Berdayakan Mitra Deradikalisasi di Jateng, Nih Buktinya
Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar saat meresmikan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI) di Stasiun Solo Balapan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (9/12). Foto: Dok. BNPT

jpnn.com, SOLO - Mitra Deradikalisasi (Mitra Derad) membutuhkan kehadiran negara agar dapat terus menyambung hidup.

Kehadiran negara sangat penting untuk memastikan eks nara pidana teroris (napiter) dan penyintas ini dapat hidup layak.

Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama PT KAI Persero meresmikan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI) di Stasiun Solo Balapan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (9/12).

Peresmian warung tersebut sebagai bukti kehadiran negara dalam mendukung dan memberdayakan Mitra Deradikalisasi.

Selain itu, peresmian Warung tersebut merupakan kelanjutan dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BNPT dan PT KAI Persero yang telah dilaksanakan pada 24 September 2021 lalu.

Warung NKRI di Solo Balapan akan dikelola dengan gratis oleh sekitar enam orang Mitra Deradikalisasi yang kebetulan berdomisili di sekitar daerah Solo. Mereka akan berjualan produk-produk UMKM seperti kerajinan tangan, cemilan ringan, jamu dan makanan.

Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar mengatakan Warung NKRI secara filosofis mengangkat semangat antiradikalisme dan terorisme. Konsep warung ini diharapkan jadi tempat pertemuan dan dalam kegiatannya dapat dititipkan pesan kebangsaan. 

Menurut Boy, Warung NKRI ini akan memberi ruang kepada eks napiter dan Mitra Derad agar mampu mandiri secara ekonomi.

BNPT bersama PT KAI Persero memberdayakan mitra deradikalisasi di Jateng dnegan meresmikan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI).