Gangguan Penglihatan Bisa Picu Sakit Kepala?

Gangguan Penglihatan Bisa Picu Sakit Kepala?
Ilustrasi mata. Foto: Pixabay

jpnn.com - Sakit kepala merupakan keluhan yang paling sering dirasakan khususnya pada orang dewasa. Penyebab sakit kepala pun sangat beragam, dari yang ringan seperti kurang tidur hingga akibat adanya penyakit serius seperti meningitis. Ada sejumlah pendapat yang mengatakan bahwa gangguan penglihatan juga bisa picu sakit kepala. Benar atau tidak, ya?

Mata lelah akibat memelototi layar terlalu lama

Ya, gangguan penglihatan bisa memunculkan sakit kepala. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, perubahan cahaya dari layar komputer memang dapat merangsang saraf area mata dan memicu terjadinya keluhan tersebut.

Selain itu, biasanya saat seseorang berlama-lama menatap layar komputer atau laptop, juga dibarengi postur tubuh yang buruk. Nah, kombinasi inilah yang pada akhirnya menyebabkan gejala sakit kepala makin buruk. 

Sebenarnya, tak cuma layar komputer atau laptop saja yang bisa timbulkan mata lelah dan kering, yang bisa berujung pada sakit kepala. Layar televisi dan smartphone juga bisa mengakibatkan hal serupa. Terlalu fokus pada layar perangkat elektronik seperti itu akan membuat refleks berkedip Anda berkurang drastis. Kalau sudah begini, risiko Anda untuk mengalami fotofobia, yaitu sakit kepala saat melihat cahaya terang, akan lebih tinggi.

Untuk mengatasi sakit kepala akibat mata lelah, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Berikan jeda selama 10 menit untuk setiap jam yang Anda habiskan di depan komputer.

“Jadi, jika Anda duduk di depan komputer selama 2 jam, waktu jeda yang Anda butuhkan adalah 20 menit,” jelas dr. Nadia. Saat sedang menikmati waktu rehat, Anda dapat memejamkan mata, berjalan-jalan di sekitar, atau bila ada, lihatlah pepohonan atau tanaman hijau sejenak untuk mengistirahatkan mata.

Jika mata lelah disertai pandangan kabur

Penyebab sakit kepala pun sangat beragam, dari yang ringan seperti kurang tidur hingga akibat adanya penyakit serius seperti meningitis. Ada sejumlah pendapat yang mengatakan bahwa gangguan penglihatan juga bisa picu sakit kepala.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News