Ganjar Dorong Industri Desa Jadi Pemacu Ketahanan Pangan

Ganjar Dorong Industri Desa Jadi Pemacu Ketahanan Pangan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bakal mendorong industri desa sebagai salah satu pemacu ketahanan pangan nasional. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bakal mendorong industri desa sebagai salah satu pemacu ketahanan pangan nasional.

Ganjar mengatakan mendorong kemajuan industri desa melalui produk olahan kelapa genjah.

Hal itu diungkapkan saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanam bibit kelapa genjah di Desa Giriroto, Ngemplak, Kabupaten Boyolali dan Desa Sanggang, Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (11/8).

"Setelah ditanam harapannya orang tidak membeli kelapanya, tetapi diproses menjadi olahan termasuk gula semut dan minyak kelapa," kata Ganjar.

Menurutnya, kehadiran industri olahan kelapa genjah di wilayah desa, akan membuat ketahanan pangan Indonesia bisa terjaga. Terlebih lagi, kata Ganjar, banyak manfaat yang terkandung dalam buah tersebut.

"Menurut saya ini bagian dari men-design ketahanan pangan kita karena manfaatnya banyak. Yang ikut pramuka sudah pasti tahu dari seluruh komponen yang ada di pohon kelapa itu bermanfaat," tuturnya.

Ganjar pun berpesan kepada para petani setempat untuk tetap menjaga kawasan hutan di sekitar lahan pertanian supaya hama binatang tidak menyerang kelapa genjah.

"Bagus ini, design ketahanan pangannya mesti lanjang. Ini tadi jangan sampai monyetnya turun jadi hama, mesti dikasih makanan juga suply di hutannya," tuturnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bakal mendorong industri desa sebagai salah satu pemacu ketahanan pangan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News