Ganjar Kumpulkan Kades Untuk Kejar Target Penurunan Kemiskinan Ekstrem

Ganjar Kumpulkan Kades Untuk Kejar Target Penurunan Kemiskinan Ekstrem
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama seluruh kades di wilayahnya. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengumpulkan sebanyak 7.810 kepala desa (kades) beserta perwakilan perangkat desa di GOR Jatidiri, Gajahmungkur, Kota Semarang, Senin (5/6).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar membahas program-program percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrem kepada seluruh kades untuk mengejar target di akhir masa jabatan.

“Saya mencoba untuk mengonsolidasikan seluruh program karena banyak level yang ada di desa punya peran penting. Maka tadi saya sampaikan,” kata Ganjar dalam siaran persnya.

Ganjar menggulirkan banyak program untuk percepatan-percepatan tersebut di desa. Mulai dari pemanfaatan APBD, bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jambanisasi, air bersih, hingga listrik gratis.

Terlebih Ganjar juga telah berkolaborasi dengan Baznas dan CSR perusahaan swasta untuk menggenjot penurunan kemiskinan ekstrem dari dana non-APBD.

“Kita masuk pada slot-slot yang mana partisipasi masyarakat bisa dibuka ruang sebanyak-banyaknya. Ada Baznas, CSR, filantrop, pada kelompok-kelompok masyarakat yang kemarin terjun dan bahkan mereka datang ke desa-desa,” kata dia.

Selain mengejar target penurunan angka kemiskinan ekstrem, Ganjar juga mengingatkan para kades soal angka stunting yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur Jateng dua periode itu tak memungkiri pandemi Covid-19 berdampak kuat pada kenaikan angka kemiskinan dan masalah lain.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengumpulkan seluruh kades di wilayahnya untuk mengejar target penurunan angka kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News