JPNN.com

Ganjar Takjub dengan Alam di Desa Margoyoso

Minggu, 17 Januari 2021 – 11:48 WIB
Ganjar Takjub dengan Alam di Desa Margoyoso - JPNN.com
Ganjar Pranowo saat gowes ke Magelang dan mengunjungi Desa Margoyoso. Foto: Instagram

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti kegiatan penanaman pohon di Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman Magelang, Minggu (17/1).

Di tempat penanaman pohon itu, lingkungan masih terjaga sangat asri, dengan pepohonan rimbun dan air yang bersumber dari 88 mata air mengalir dengan jernihnya.

Desa itu memiliki cara unik untuk menjaga kelestarian lingkungan yaitu dengan membuat peraturan desa (Perdes) yang mengatur tentang lingkungan dan mitos yang dipercaya masyarakat bahwa perusak lingkungan akan mendapat hal yang tidak diinginkan.

Ganjar yang datang ke Magelang sambil gowes dari Kabupaten Semarang langsung mendatangi salah satu pancuran dari sumber mata air.

Dengan menadahkan tangannya, dia mengambil air yang sejuk itu untuk kemudian membasuh muka dan rambutnya.

"Seger sekali ya. Ini bisa buat rambut saya jadi hitam nggak ya," candanya.

Kades Margoyoso, Adi Daya Perdana mengatakan dahulu desa tersebut kering kerontang. Hampir setiap tahun, warganya selalu meminta bantuan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

"Setelah itu kami menggalakkan konservasi lingkungan. Untuk mendukungnya, kami membuat peraturan desa (Perdes) yang mengatur tidak boleh ada penebangan pohon besar dan giat melakukan penanaman," ucapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...