Gardu Induk 150 Kv Pagar Alam Siap Beroperasi

Gardu Induk 150 Kv Pagar Alam Siap Beroperasi
ilustrasi listrik. Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu berhasil mengoperasikan trafo daya 30 Mega Volt Ampere (MVA) Gardu Induk (GI) 150 kilovolt (kV) Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. 

Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, Agung Murdifi mengatakan, sebelum memiliki trafo 30 MVA, GI 150 kV Pagar Alam hanya memiliki dua trafo dengan daya 10 MVA dan 15 MVA. Dengan begitu, bila terjadi gangguan pada salah satu trafo, yang lainnya yang beroperasi tidak memikul beban.

"Dengan beroperasinya trafo daya 30 MVA ini, maka kualitas listrik di sisi pelanggan akan lebih baik dan lebih handal," ujar Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, Agung Murdifi dalam siaran persnya, Kamis (11/2).

Agung menambahkan, hadirnya trafo 30 MVA ini untuk menggantikan trafo 10 MVA yang sudah ada. Sehingga siap untuk melayani permintaan pelanggan baru dan tambah daya dari masyarakat sekitar.

"Hadirnya trafo 30 MVA dan GI 150 kV ini merupakan hadiah untuk para pelanggan dari PLN untuk memberikan pelayanan yang terbaik," tutur Agung. 

Seperti diketahui, Pulau Sumatera menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan pembangkit 35 ribu Mw, di mana 11.326 MW pembangkit akan dibangun di Sumatera. Sedangkan, pembangunan jaringan transmisinya sendiri diperkirakan mencapai 19.305 kilometer sirkit (kms) dengan kebutuhan GI mencapai 32.406 MVA. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu berhasil mengoperasikan trafo daya 30 Mega Volt Ampere


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News