Gelar Capgome, Charles Nova Ajak Masyarakat Jaga Persaudaraan

Gelar Capgome, Charles Nova Ajak Masyarakat Jaga Persaudaraan
Bendahara DPD Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta Charles Nova menggagas penyelenggaraan Festival Capgome Nusantara bertajuk “Perteguh Toleransi, Rekatkan Persatuan, Menjadi Berkah untuk Masyarakat” di Jalan Mangga Besar V Gang Belimbing, Tamansari, Jakarta Barat pada Sabtu (4/2/2023). Foto: Dok. TMP DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Cap Go Meh Nusantara bertajuk “Perteguh Toleransi, Rekatkan Persatuan, Menjadi Berkah untuk Masyarakat” di Jalan Mangga Besar V Gang Belimbing, Tamansari, Jakarta Barat pada Sabtu (4/2/2023).

Acara yang digagas oleh Bendahara DPD Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta Charles Nova yang dihadiri ribuan warga itu dikemas dengan berbagai atraksi budaya dan pertunjukan tari tradisional seperti Barongsai, Seni Bela Diri Wingchun, tarian Dayak hingga hiburan musik bagi warga.

Charles Nova dalam sambutannya mengenang bagaimana peristiwa 98 kelabu yang menyimpan luka mendalam bagi warga dan etnis Tionghoa di Jakarta Barat.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang kala itu melindungi etnis Tionghoa termasuk rumahnya yang saat itu turut dijaga oleh kerabat dan tetangga.

Hal ini bagi Charles merupakan peristiwa yang perlu direfleksikan agar tidak terulang lagi dan berdampak buruk yang merongrong nilai persatuan dan kesatuan.

“Di kampung saya, Gang Blimbing ini di Taman Sari, jadi bukti tragedi 98 yang begitu pelik, saat peristiwa kelabu itu terjadi, kami dilindungi warga dan saudara di sini. Maka, agenda ini saya gagas agar kita mengenang sejarah sekaligus merayakan keberagaman dan kebinekaan perlu dirayakan dalam hidup berbangsa dan bernegara," ujar Charles.

Charles juga menegaskan keragaman budaya Indonesia perlu melestarikan agar generasi penerus dapat mengerti keberagaman Indonesia, khusunya generasi muda di Taman Sari.

“Berkaca dari peristiwa tragis masa lalu, kita patut bersyukur bahwa Pancasila tegak berdiri di Republik ini. Jadi, perdebatan soal ideologi bangsa sudah clear. Kita hanya perlu menjadi warga yang solid, warga Pancasila yang bersatu menentang narasi-narasi kebencian dan menciptakan hidup yang rukun dan damai,” ujar Charles.

Bendahara TMP DKI Charles Nova menggagas Festival Capgome Nusantara bertajuk 'Perteguh Toleransi, Rekatkan Persatuan, Menjadi Berkah untuk Masyarakat'.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News