Gelar LKS, KLHK Berharap Bisa Ciptakan Rimbawan Unggul

Gelar LKS, KLHK Berharap Bisa Ciptakan Rimbawan Unggul
Kepala BPSDM KLHK Helmi Basalamah. Foto dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPSDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) terhadap lima SMK Kehutanan Negeri dan sekitar 26 SMK yang memiliki jurusan kehutanan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala BPSDM KLHK Helmi Basalamah mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam pembentukan tenaga teknis menengah bidang kehutanan yang trampil, handal dan siap kerja.

“Selain itu, juga untuk mendukung komitmen pemerintah dalam pembangunan SDM yang menitikberatkan pada pengembangan pendidikan vokasi,” ujar Helmi di Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (15/11).

Lomba ini merupakan ajang unjuk kebolehan siswa-siswi SMK Kehutanan di seluruh Indonesia dalam penguasaan empat bidang kompetensi keahlian, yaitu Kompetensi Keahlian Teknik Inventarisasi dan Perpetaan Hutan (TIPH), Teknik Produksi Hasil Hutan (TPHH), Teknik Reklamasi dan Rehabilitasi Hutan (TRRH), dan Teknik Konservasi Sumber Daya (TKSDH).

LKS ini juga merupakan sarana untuk mempertemukan SMK Kehutanan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), instansi pemerintah serta mitra potensial lainnya.

“Selain itu, LKS ini juga merupakan media untuk mengasah kemampuan penguasaan lapangan dan membangun karakter serta daya juang siswa siswi SMK Kehutanan,” sambung Helmi.

Helmi menuturkan, tujuan kegiatan LKS adalah untuk menyediakan wahana bagi siswa SMK Kehutanan untuk mengasah karakter positif, produktif, kreatif, inovatif serta kecintaan terhadap alam dan lingkungan.

Memotivasi siswa SMK Kehutanan untuk meningkatkan keahlian sesuai standar kompetensi yang dapat menarik minat dunia usaha dan dunia industri.

Tujuan kegiatan LKS yang digelar KLHK adalah untuk menyediakan wahana bagi siswa SMK Kehutanan untuk mengasah karakter positif, produktif, kreatif, inovatif serta kecintaan terhadap alam dan lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News