Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Sumba Tengah, Getaran Terasa 2 Detik

Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Sumba Tengah, Getaran Terasa 2 Detik
Gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gempa dengan kekuatan 5,2 magnitudo mengguncang wilayah Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Peristiwa ini terjadi pada Rabu (7/7) pukul 07.38 WIB.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Abdul Muhari mengatakan pusat gempa berada pada 20 kilometer timur laut Waibakul, Sumba Tengah, dengan kedalaman 49 kilometer.

“BPBD Sumba Tengah menginformasikan warganya merasakan guncangan lemah beberapa detik. Dari catatan BPBD, guncangan terasa sekitar satu hingga dua detik,” kata Abdul dalam siaran persnya, Rabu (7/7).

Menurut dia tidak ada kepanikan yang terjadi di tengah masyarakat. BPBD juga menginfomasikan gempa tidak memicu terjadinya tsunami.

Lebih lanjut Abdul menerangkan, dari pihak BMKG menyampaikan guncangan gempa juga dirasakan di Bima, Waingapu, Waikabubak dan Tambolaka III MMI dan Labuan Bajo II MMI.

Modified Mercalli Intensity atau MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Menurut BMKG, III MMI menggambarkan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, sedangkan II MMI mendeskripsikan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Melihat analisis inaRISK, Sumba Tengah termasuk wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi kategori sedang hingga tinggi,” ujar Abdul.

Gempa bumi mengguncang kawasan Sumba Tengah, NTT, dengan kekuatan 5,2 magnitudo pada Rabu pagi ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News