Gempa Besar Guncang Equador

Gempa Besar Guncang Equador
Gempa Besar Guncang Equador
QUITO - Sebuah gempa kuat berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang Ekuador Kamis (12/8). Berdasarkan catatan US Geological Survey (USGS), pusat gempa berdekatan dengan ibukota negeri kaya minyak itu.

Meskipun kekuatannya cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan besar, namun gempa itu terjadi jauh di bawah permukaan bumi, sehingga dampaknya jauh lebih kecil dari sebuah gempa dangkal. Dikutip dari REUTERS, belum ada laporan cedera atau kerusakan akibat peristiwa itu.

Meski demikian, radio lokal melaporkan bahwa gempa yang dirasakan warga di Quito itu juga dirasakan penduduk bagian utara Peru. Sebagai negara OPEC, Equador banyak memiliki infrastruktur untuk industri minyak. Namun tidak ada laporan tentang kerusakan infrastruktur minyak ataupun proses produksi minyak mentahnya.

Gempa terjadi pada pukul 11.54 GMT dan berpusat 87 kilometer timur Ambato, pada kedalaman 115 mil. Pusat gempa berada sekitar 140 mil sebelah tenggara Quito. Awalnya, USGS melaporkan gempa itu berkekuatan 6,7, namun kemudian merevisinya menjadi 7.2, hingga akhirnya dipastikan lagi menjadi 6.9.

QUITO - Sebuah gempa kuat berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang Ekuador Kamis (12/8). Berdasarkan catatan US Geological Survey (USGS), pusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News