Gempa Bumi 4,9 Skala Richter Guncang Wilayah Parapat

Gempa Bumi 4,9 Skala Richter Guncang Wilayah Parapat
Gempa bumi. Foto: JPG

jpnn.com, MEDAN - Gempa bumi berkekuatan 4,9 scala richter (SR) mengguncang wilayah Parapat, Sumatera Utara, Rabu (13/12/2017) malam sekira pukul 20.37 WIB.

Berdasarkan siaran tertulis BBMKG Wilayah I Medan, menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut terjadi dengan koordinat episenter pada 2.28 LU dan 98.90 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km arah Selatan Parapat, Sumatera Utara pada kedalaman 149 km.

Kepala BBMKG Wilayah I, Edison Kurniawan menjelaskan dampak gempa bumi yang didasarkan kepada laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Parapat mengalami goyangan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau II-III MMI.

“Gempa bumi ini hanya tercatat oleh alat dan hanya beberapa orang saja yang merasakannya,” jelasnya.

Dia melanjutkan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah.

“Dan berdasarkan karakteristik sinyal gempa bumi menunjukkan jenis gempa bumi tektonik yang disebabkan oleh Zona Subduksi,” ungkapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Parapat dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (nin)


Gempa bumi berkekuatan 4,9 scala richter (SR) mengguncang wilayah Parapat, Sumatera Utara, Rabu (13/12/2017) malam sekira pukul 20.37 WIB.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News