Gempa Guncang Nias Utara dan Morotai

Gempa Guncang Nias Utara dan Morotai
Gempa bumi di Kabupaten Nias Utara. Foto: dok BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa 5,3 SR berpusat di laut pada kedalaman 15 kilometer di 52 kilometer barat laut Nias Utara Provinsi Sumatera Utara pada Selasa (21/11) pukul 06.41 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD Kabupaten Nias Utara.

Gempa dirasakan lemah selama 3 sampai 4 detik di Kabupaten Nias Utara, 1 sampai 2 detik di Nias Barat.

"Aktivitas masyarakat normal. Tidak ada kerusakan dari dampak gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Selain itu, gempa 5,7 SR dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer di 37 kilometer barat laut Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara yang terjadi pada Sabtu (18/11), ternyata memberikan dampak korban jiwa dan kerusakan bangunan.

"BMKG telah melaporkan bahwa terus terjadi gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil," ujar Sutopo.

Di Morotai, gempa merusak bangunan di 5 desa yaitu Desa Posi-Posi, Desa Leo-Leo Rao, Desa Aru Burung, Deaa Lou Madoro, Desa Saminya Mao dan Desa Waya Bula di Kecamatan Morotai Selatan Barat Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara.

Satu orang meninggal dunia dan 294 bangunan rusak. Total kerusakan akibat gempa bumi, 160 rumah rusak berat, 11 rumah rusak sedang, 108 rumah rusak ringan, 1 pustu rusak berat, 12 gereja dan satu sekolah dasar rusak ringan.

Gempa tidak berpotensi tsunami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News