Gempa Magnitudo 6,2 Mengguncang Majene

Gempa Magnitudo 6,2 Mengguncang Majene
Gempa bumi mengguncang Majene, Sulbar. Ilustrasi Foto: Antara/BMKG

jpnn.com, JAKARTA - Wilayah Majene, Provinsi Sulawesi Barat diguncang gempa magnitudo 6,2 pada hari ini,, Jumat (15/1) pukul 01.28 WIB.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut disertai oleh beberapa gempa susulan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis BMKG yang diterima di Jakarta mengatakan bahwa hasil analisis menunjukkan gempa bumi dengan magnitudo 6,2 episenternya berada di darat pada kedalaman 10 km di koordinat 2,98 LS dan 118,94 BT atau sekitar enam km arah timur laut Majene.

Bambang menjelaskan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa bumi itu merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan naik dan menurut hasil pemodelan gempa tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Majene, Mamuju pada skala IV-V MMI serta di daerah Palu, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, dan Mamasa pada skala III MMI.

Pada skala III MMI getaran gempa dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa seperti ada truk berlalu.

Pada skala IV MMI getaran gempa pada siang hari dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta menyebabkan gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Gempa hari ini terjadi di wilayah Majene, Sulawesi Barat, dengan magnitudo 6,2 pada Jumat dini hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News