Generasi Milenial Bikin Koperasi Bergairah

Generasi Milenial Bikin Koperasi Bergairah
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany memprogram Tangsel menjadi Kota Koperasi pada 2021. FOTO: Jakfar Sodik/INDOPOS/JPNN

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, generasi milenial memiliki peran penting untuk menggairahkan koperasi di Indonesia.

“Masa depan koperasi di tangan kaum muda akan cerah. Gerakan koperasi sebagai alat peningkatan kesejahteraan sekaligus pemerataan,” tutur Puspayoga dalam peringatan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akhir pekan kemarin.

Puspayoga menambahkan, generasi muda di luar Tangsel juga memiliki gairah besar.

Misalnya, di Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Sebanyak 3.700  dari 4.000 mahasiswa baru Universitas Islam Walisongo, Semarang, berminat untuk berkoperasi.

”Saya optimistis kontribusi koperasi terhadap produk domestik bruto (PDB) perekonomian Indonesia makin besar,” ucapnya.

Saat ini, sambung Puspayoga, kontribusi koperasi terhadap PDB sebesar empat persen atau naik dibanding 2014 di kisaran 1,71 persen.

Lonjakan terjadi pada rasio wirausaha yang sudah menjadi 3,01 persen atau 7,8 juta dibanding edisi 2014 yang sebesar 1,55 persen.

Perkembangan koperasi dan UKM akan menjadi platform ampuh untuk pemerataan kesejahteraan.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, generasi milenial memiliki peran penting untuk menggairahkan koperasi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News