JPNN.com

Genjot Produksi Pertanian Lahat, Kementan Kembali Beri Bantuan Alsintan

Rabu, 07 Agustus 2019 – 07:25 WIB
Genjot Produksi Pertanian Lahat, Kementan Kembali Beri Bantuan Alsintan - JPNN.com

jpnn.com, LAHAT - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali memberikan bantuan alat mesin pertanian, bibit, pupuk dan pestisida untuk Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Bantuan tersebut diserahkan kepada 18 kelompok tani di delapan kecamatan. Bantuan itu merupakan yang kelima dari Kementan.

Kali ini, 4 unit corn sheller, 32 gergaji mesin, 400 ribu batang bibit kopi, 190 ton pupuk organik, 400 liter pestisida, 500 batang bibit mangga, dan beni padi untuk lahan 9.930 hektare.

BACA JUGA: Produksi Telur dan Ayam Surplus, Kementan Dorong Peningkatan Ekspor

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat Januarsyah Hambali mengatakan, bantuan pertanian itu bukan milik pribadi, melainkan milik kelompok tani.

Dia menyarankan pada para kelompok tani agar dapat bermusyawarah dalam pelaksanaan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

"Tujuannya kan untuk meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan, guna meningkatkan kesejahteraan petani. Boleh saja disewahkan kepada masyarakat, tapi harus kesepakatan kelompok taninya," tegas Januarsyah.

Besarnya bantuan yang diterima, membantu dunia pertanian dan perkebunan Kabupaten Lahat. Bahkan, 65 persen bantuan berasal dari dana APBN. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ragil