JPNN.com

Gerakan Pencegahan Karhutla Sangat Efektif

Kamis, 26 Mei 2016 – 02:40 WIB Gerakan Pencegahan Karhutla Sangat Efektif - JPNN.com

JAKARTA - Pakar Hukum Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, Dermawati Sihite menilai upaya perusahaan perkebunan kelapa sawit yang peduli terhadap pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sangat efektif. Sebab langkah tersebut bisa menjadi gerakan yang masif.

Menurutnya, tidak akan maksimal, jika hanya berharap pada perusahaan atau pemerintah saja.

“Makanya, saya memberi apresiasi terhadap upaya pencegahan yang dilakukan perusahaan, termasuk dengan melibatkan masyarakat,” kata Dermawati Sihite yang akrab disapa Emma, Rabu (25/5).

Menurut Emma, dalam mencegah kebakaran, memang tidak bisa berbicara dalam konteks hukum positif saja, termasuk ancaman pidana yang diberikan.

Yang tak kalah penting, pendekatan sosiologis kepada masyarakat agar mereka bisa memahami mengenai kerugian jika terjadi kebakaran.

Direktur Area Kalimantan Selatan Amara Group, Didik Martanto menegaskan kegiatan tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam upaya melakukan tindakan pencegahan kebakaran lahan dan kebun.

Karena disadari, bahwa kebakaran lahan dan hutan menimbulkan kerugian sangat besar. Baik dari aspek finansial, lingkungan, maupun kesehatan masyarakat.

“Tidak ada satupun keuntungan diperoleh perusahaan dengan kebakaran lahan," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...