Gerakan UMKM Sulawesi Utara Agar Go Global, LPEI Gandeng Pemda

Gerakan UMKM Sulawesi Utara Agar Go Global, LPEI Gandeng Pemda
Talkshow Ekspor Nasional bertema Provinsi Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang UKM Ekspor di Wilayah Bagian Timur untuk Masuk Pasar Dunia di Four Points Hotel, Manado, Selasa (28/9). Foto dok LPEI

jpnn.com, SULAWESI UTARA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi, melalui pemberian dukungan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam hal ini, LPEI siap membantu peningkatan kapasitas UMKM, khususnya di Indonesia Bagian Timur.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank D. James Rompas dalam acara pembukaan Talkshow Ekspor Nasional bertema Provinsi Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang UKM Ekspor di Wilayah Bagian Timur untuk Masuk Pasar Dunia di Four Points Hotel, Manado, Selasa (28/9).

"Berdasarkan potensi ekspornya, kami akan mendorong potensi UMKM Sulawesi Utara, sehingga ekspornya bisa terus meningkat. Kami berkomitmen bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan berbagai pemangku kepentingan dalam memberikan dukungan bantuan pada UMKM terdampak Covid-19 terutama UMKM yang berorientasi ekspor," ujar D. James Rompas.

D. James Rompas menambahkan, LPEI memiliki peran yang lebih luas dibandingkan perbankan pada umumnya karena sesuai dengan mandat yang diberikan.

Peran tersebut diberikan kepada LPEI agar mampu mendorong pertumbuhan ekspor nasional dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Dijelaskan, untuk UMKM yang telah melakukan ekspor, dimungkinkan mendapatkan pembiayaan dari LPEI. Sementara bagi UMKM yang belum ekspor tapi sudah berorientasi ekspor, LPEI telah bersinergi dengan pemangku kepentingan seperti Kementerian Perdagangan (Kemendag), Ditjen Kakayaan Negara dan Bea Cukai untuk membantu para pelaku UMKM melalui berbagai program.

’’Salah satunya adalah program CPNE (Coaching Program for New Exporters) sehingga diharapkan para UMKM dapat melakukan ekspor, mampu mengelola bisnis lebih baik, dan memperkuat relasi," kata D. James Rompas.

LPEI siap membantu peningkatan kapasitas UMKM, khususnya di Indonesia Bagian Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News