Gereja Bukan Sasaran

Gereja Bukan Sasaran
Penyisiran Gereja: Seorang Petugas Brimob sedang menyisir Gereja Imanuel, Jakarta, Jumat(24/12).Penyisiran ini dilakukan untuk mengantisipasi Bom saat Perayaan Natal. FOTO:NICK HANOATUBUN/RM
JAKARTA -- Kelompok teroris di Indonesia kini tak lagi mengincar gereja dan rumah ibadah seperti 10 tahun yang lalu. Target mereka lebih spesifik, yakni pejabat negara dan kantor-kantor polisi. Perubahan sasaran ini dipengaruhi oleh ideologi pimpinan mereka yang sekarang dalam tahap "persiapan penyerangan besar".

"Perubahan pola-pola serangan itu sudah dikaji dan diantisipasi oleh petugas. Tentu detailnya tidak bisa dijabarkan," kata Direktur Penindakan BNPT Kombes Petrus Golose saat menjelaskan penangkapan Abu Tholut beberapa waktu lalu. 

Mantan Kanit Cybercrime Mabes Polri itu menyebut jejaring teroris yang masih eksis hingga tahun 2010 mempunyai mata rantai dengan kasus-kasus teror sebelumnya. "Sebagian dari mereka residivis yang bermain lagi," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak kepolisian, pada tahun 2010 terdapat 118 narapidana teroris yang ditahan di dalam lembaga permasyarakat di Indonesia. 53 diantaranya pada tahun 2010 ini mendapatkan remisi. Dari angka itu, 16 residivis kembali terlibat aksi teror. Misalnya Oman Abdurahman (Cimanggis 2004), Abdullah Sonata ( Marriott 2003),Ubaid, dan Abu Tholut.

JAKARTA -- Kelompok teroris di Indonesia kini tak lagi mengincar gereja dan rumah ibadah seperti 10 tahun yang lalu. Target mereka lebih spesifik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News