Giliran Pantai Gading Pecat Pelatih

Giliran Pantai Gading Pecat Pelatih
Vahid Halilhodzic. Foto: Uriel Sinai/Getty Images.
ABIDJAN - Korban Piala Afrika 2010 makin banyak berjatuhan. Setelah pelatih Nigeria Shaibu Amodu dilengserkan dari jabatannya, kemarin giliran Vahid Halilhodzic yang kehilangan pekerjaan. Tactician Pantai Gading itu dipecat dengan alasan yang sama dengan Amodu, yakni karena hasil yang tidak memuaskan di Angola.

"Sabtu ini (Minggu pagi WIB, Red), kami memutuskan kontrak dengan Vahid Halilhodzic," kata Jacques Anouma, presiden federasi sepak bola Pantai Gading (FIF), seperti dilansir Soccernet. "Dia gagal memenuhi target yang kami bebankan kepadanya, yakni menjuarai Piala Afrika 2010," lanjutnya.

Sebenarnya, tidak mengherankan kalau pelatih berkebangsaan Bosnia itu dipecat. Sebab, pencapaian Les Elephants (alias Si Gajah, sebutan Pantai Gading) di ajang dua tahunan tersebut memang keterlaluan. Dengan diperkuat pemain-pemain top yang merumput di liga papan atas Eropa macam Didier Drogba atau Toure bersaudara (Yaya dan Kolo), mereka tak mampu lolos dari perempat final. Di delapan besar Si Gajah dibekap Aljazair 2-3.

Kendati spekulasi soal pemecatannya sudah mengemuka di media-media Pantai Gading sebulan terakhir, Halilhodzic mengaku tetap terkejut. Apalagi, dia hanya diberi tahu pengurus FIF melalui selembar surat yang dikirim via faksimili. Dia pun menyebut pemecatannya mengandung unsur politis.

ABIDJAN - Korban Piala Afrika 2010 makin banyak berjatuhan. Setelah pelatih Nigeria Shaibu Amodu dilengserkan dari jabatannya, kemarin giliran Vahid

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News