Google Search Kedatangan Pesaing Baru

Google Search Kedatangan Pesaing Baru
Ilustrasi logo Apple. Foto: Antara

jpnn.com - Mesin pencari web besutan Google kambali mendapat tantangan, kali ini dari Apple. Sebelumnya rival Google Search ada Bing (Microsoft), Yahoo, dan Baidu dari Tiongkok.

Cnet mengutip laporan Financial Times, seorang sumber dari industri teknologi, yang tidak disebutkan namanya mengatakan iOS 14 mulai memunculkan hasil pencarian sendiri ketika pengguna menggunakan fitur pencari yang ada di laman utama (home screen) ponsel.

Temuan itu memperkuat dugaan Apple sedang membangun kompetitor Google Search, apalagi mereka juga "membajak" John Giannandrea, yang pernah mengepalai Google Search beberapa tahun lalu.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat awal Oktober ini memasukkan berkas tuntutan anti-monopoli terhadap Google karena mesin pencari Search mendominasi pasar.

Google dituduh secara tidak sah mempertahankan monopoli dengan praktik antikompetisi di pasar laman pencarian dan pencarian iklan.

Dalam berkas tersebut, disebutkan dalam kontrak Google dengan perusahaan lain, terdapat klausul bahwa laman pencari mereka dijadikan setelan utama (default). Google juga menggelontorkan miliaran dolar untuk praktik tersebut.

iPhone juga menggunakan mesin pencari dari Google selama lebih dari satu dekade ini.

Google dikabarkan membayar Apple sekitar 8 hingga 12 miliar dolar per tahun untuk kesepakatan bisnis tersebut. (antara/jpnn)

Mesin pencari web besutan Google makin banyak kedatangan pesaing dari perusahaan teknologi dunia.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News