Kamis, 18 Juli 2019 – 12:28 WIB

Gories Mere Lantik 29 Kepala BNNP dan 30 BNNK

Rabu, 20 April 2011 – 14:00 WIB
Gories Mere Lantik 29 Kepala BNNP dan 30 BNNK - JPNN.COM

JAKARTA - Jalan panjang pemberantasan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), dimulai pada pelantikan Kepala BNN Provinsi (BNP) dan Kepala BNN Kabupaten/Kota (BNNK). Rabu (20/4), sebanyak 29 Kepala BNNP dan 30 Kepala BNNK diambil sumpah oleh Kepala BNN Gories Mere.

Pembentukan BBNP dan BNNK itu sendiri merujuk pada aturan mengenai narkotika, tepatnya UU No 35 tahun 2009 pasal 65 yang mengatakan bahwa cakupan BNN adalah seluruh daerah di Indonesia. "Ini baru langkah awal dari perjalanan panjang memberantas narkotika di Indonesia," ungkap Mere di kesempatan itu.

Menurutnya, langkah tersebut berkaitan pula dengan tujuan ASEAN pada 2015 nanti untuk bebas narkotika. "Perjalanan ini harus diikuti oleh seluruh provinsi, termasuk di dalamnya kabupaten/kota yang berkomitmen bersama kami memberantas narkotika," tukasnya.

Dijelaskan Mere, UU yang baru tersebut sendiri bersifat sangat keras, bahkan ancamannya hukuman mati. Undang-Undang itu juga mengatur para pengguna yang disebut korban, yang berhak mendapatkan penanganan untuk memulihkan kesehatan mereka.

"Peran daerah di sini sangatlah penting. Pelantikan ini menandakan mulai terwujudnya organisasi BNN (yang) memiliki perwakilan di daerah yang bersifat vertikal," jelasnya.

Di hadapan pengurus BNNP dan BNNK, Mere mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama akademisi, LSM, serta tokoh masyarakat, punya peran dalam mewujudkan Indonesia bebas dari narkoba. Beberapa BNNP yang mengikuti pengambilan sumpah di kesempatan itu, antara lain adalah dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Lampung, Bali, NTT, NTB, Sulawesi Tengah, Gorontalo, hingga Provinsi Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Pelantikan dilakukan di Ruang Birawa, Komplek Bidakara, serta dihadiri oleh hampir seluruh kepala daerah di Indonesia bersama Ketua DPRD-nya, berikut sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, serta pimpinan Komisi III DPR RI. (gel/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar