Greenpeace Rilis Foto Bangkai Paus

Greenpeace Rilis Foto Bangkai Paus
Greenpeace Rilis Foto Bangkai Paus
LONDON--Para aktivis Greenpeace mempublikasikan foto-foto dampak tumpahan minyak British Petroleum (BP) di Teluk Meksiko terhadap spesies yang terancam punah di laut. Salah satu foto yang selama ini ditutup-tutupi pihak BP tersebut menunjukkan, bangkai seekor ikan paus sperma yang mati di sebelah selatan tumpahan minyak.

Dokumentasi foto bersama ini diperoleh Guardian, Kamis (25/10). Selama ini, informasi mengenai paus dan spesies liar lainnya, cukup sulit didapat karena ketatnya informasi dari pemerintahan Obama.

Foto tersebut merupakan yang pertama dari kasus matinya paus akibat tumpahan minyak di teluk Meksiko, April lalu. Publik AS sejak awal mendesak agar habitat laut yang terancam untuk dipublikasikan. Namun  pejabat pemerintah AS ditekan untuk memblokir semua gambar hingga sekarang.

Nasib satwa liar terjebak dalam tumpahan minyak - terutama spesies terancam punah seperti kura-kura laut dan paus sperma memiliki implikasi keuangan yang sangat besar bagi BP. Perusahaan minyak ini diperintahkan pengadilan New Orleans minggu ini untuk membayar USD7.8 miliar atas kerusakan ekonomi yang timbul dari tumpahan. BP juga masih menghadapi klaim dari pemerintah federal untuk kerusakan lingkungan, dan akuntansi untuk satwa liar tewas sebagai akibat langsung dari tumpahan seperti lumba-lumba, kura-kura, Paus dan satwa lainnya.

LONDON--Para aktivis Greenpeace mempublikasikan foto-foto dampak tumpahan minyak British Petroleum (BP) di Teluk Meksiko terhadap spesies yang terancam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News